SMK DAS

MEMBACA AL-QUR’AN BERSAMA

Kegiatan membaca Al-Qur’an bersama, dilaksanakan sebelum sholat dzuhur yang dibimbing oleh Ust. Abdur Rohim pada jam 11:50 sampai 12:10. 

 

Manfaat membaca Al-Qur’an sebagai berikut :
1. Memperoleh pahala dari Allah swt
2. Diselamatkan saat hari penghisaban akhirat

3. Menjadi keluarga dan kepercayaan Allah swt

4. Menjadi obat terbaik saat sakit

5. Rumah diberkahi oleh Allah swt

6. Dijauhkan dari setan

7. Senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah swt

8. Membuat hati menjadi tenang

9. Berisi ilmu pengetahuan

10. Dikabulkan doa kita

Sebagai kaum muslimin , sudah sepatutnya kita membaca kitab suci Al-Qur’an dan memaknainya. Dengan begitu banyak keutamaan yang terkandung dan bermanfaat bagi kehidupan di dunia maupun akhirat kelak.

  1. Sebagai Syafaat Pada Hari Kiamat Kelak
    Keutamaan dari membaca Al-Qur’an yang pertama ialah dapat menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda :
    “Bacalah  olehmu sekalian Al-Qur’an itu akan menjadi syafaat atau penolong bagi para pembacanya di hari kiamat” (HR Muslim).

  2. Mendapat Kebaikan Berlipat Ganda
    Siapapun yang membaca Al-Qur’an maka akan diganjar pahala dan kebaikan berlipat ganda, sebagaimana bunyi sabda Nabi Muhammad SAW :
    Siapa yang membaca satu huruf  dari Kitabullah (Al-qur’an) maka dia akan mendapat satu kebaikan, sedangkan satu kebaikan didapatkan kepada sepuluh semisalnya, Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf , dan Mim satu huruf. (HR At-TIrmidzi).

  3. Sebagai Ibadah Yang Paling Mulia
    Membaca Al-Qur’an disebut sebagai ibadah yang paling utama. Diriwayatkan oleh an-Nu’aiman ibn-Basyir, Rasulullah SAW bersabda : 
    “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an” (HR Al-Baihaqi).

  4. Dikelilingi Oleh Para Malaikat
    Kelebihan yang dimiliki oleh orang yang gemar membaca Al-Qur’an adalah dikelilingi para malaikat. Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka ia bersama para malaikat yang mulia dan berbakti, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an  dengan terbata-bata dan merasa kesulitan dalam membacanya, maka baginya dua pahala”.

  5. Mendapat Balasan Terbaik
    Diriwayatkan Abu Sa’id dari Rasulullah SAW, Allah berfirman :
    “Siapa saja yang disibukkan oleh membaca Al-Qur’an, hungga tak sempat dzikir yang lain kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya balasan terbaik orang-orang yang meminta. Ingatlah, keutamaan Al-Qur’an atas kalimat-kalimat yang lain seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya,” (HR Al-Baihaqi).

  6. Diibaratkan Seperti Orang Yang Bersedekah
    Dalam sebuah sabdanya, Rasulullah SAW berkata :
    “Orang yang membaca Al-Qur’an dengan suara keras seperti orang yang bersedekah secara terbuka, sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan perlahan seperti orang yang bersedekah secara sembunyi. “(HR Ahmad dan Abu Dawud).

Sekian penjelasan tentang liputan pada tanggal 16 Januari 2024 , dan Terima Kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *