SMK DAS

KAJIAN PAGI

Di SMK Darus Sholihin, setiap kamis pagi mengagendakan kegiatan kajian pagi yang diisi oleh Ust, Nurdiyanto S.Pd.I, pada jam 07:00 sampai 07:30 waktu selesai. Kajian ini menyampaikan ilmu tentang keagamaan. Semua siswa maupun siswi wajib mengikuti kajian pagi, bila terlambat akan dikenakan hukuman yang sudah diterapkan oleh kesiswaan.

Pada kajian pada ini ust, Nurdiyanto S.Pd.I memberikan ilmu kepada seluruh siswa SMK Darus Sholihin dengan tema :

 

“Kita Harus Bisa Mempergunakan waktu dan Jaga 5 Sebelum Kedatangan 5 Perkara “

Di SMK Darus sholihin, setiap kamis pagi mengadakan kegiatan kajian pagi yang diisi oleh Ust, Nurdiyanto S.Pd.I, pada jam 07:00 sampai 07:30 waktu selesai. Kajian ini menyampaikan ilmu tentang keagamaan, semua siswa maupun siswi wajib mengikuti kajian pagi, bila terlambat akan dikenakan hukuman yang sudah diterapkan oleh kesiswaan.

“Kita Harus Bisa Mempergunakan waktu dan Jaga 5 Sebelum Kedatangan 5 Perkara “

  1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
  2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
  3. Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
  4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
  5. Hidupmu sebelum datang kematianmu,
    (HR Ai Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabi dalam At-Talkhish berdasyarkan syarat Bukhari-
    Muslim. Hadist ini dikatakan sholihin oleh Syekh Al Albani dalam Al-Jami’ Ash Shogir)

    Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, maksudnya : “Lakukanlah ketaatan ketika dalam kondisi kuat untuk beramal (yaitu diwaktu muda), sebelum datang masa tua renta.”

    Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, maksudnya : “Beramallah di waktu sehat, sebelum datang waktu datang menghalangi untuk beramal seperti diwaktu sakit.”

    Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, maksudnya : “manfaatkan lah kesempatan (waktu luangmu) didunia ini sebelum datang waktu sibukmu di akhirat nanti. Dan awal kehidupan akhirat adalah di alam kubur”.

    Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, maksudnya ; “Bersedekahlah dengan kelebihan hartamu sebelum datang bencana yang dapat merusak harta tersebut, sehingga akhirnya engkau menjadi fakir di dunia maupun di akhirat”.

    Hidupmu sebelum datang kematianmu, maksudnya : “Lakukanlah sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan setelah matimu , karena siapapun yang mati, maka akan terputus amalnya”.

     

Sekian penjelasan tentang liputan pada tanggal 11 Januari 2024 , dan Terima Kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *